Emtek dan SCMA Raih Penghargaan Tata Kelola Perusahaan Terbaik

Melalui GCG, perusahaan dapat menjalankan kegiatan perusahaan secara profesional dan efisien. Salah satu peranan yang paling penting dalam pelaksanaan GCG adalah peranan sekretaris perusahaan atau Corporate Secretary.

Corporate Secretary (corsec) memiliki peranan kunci dalam pelaksanaan GCG, khususnya pada perusahaan publik dan emiten di bursa. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena posisi dan tugas yang dipikul corsec sangat strategis dan menentukan. Namun, di Indonesia banyak yang belum menyadari pentingnya peranan corsec.

Melalui kegiatan ‘Corporate Secretary Award 2018’, Warta Ekonomi memberikan apresiasi kepada perusahaan yang melaksanakan peranan corsec dengan baik, serta menjadikan perusahaan dengan corsec yang baik sebagai benchmark untuk perusahaan lain agar dapat menjalankan peranan corsec lebih baik ke depannya.

Pada riset ini, Warta Ekonomi memakai tools media monitoring dengan menggunakan media content analysis, yaitu menganalisis hasil pemberitaan media online yang terdiri atas sentimen positif, negatif, dan netral.

Pencarian berita dilakukan dengan menggunakan keyword S konsep GCG, yaitu transparency (keterbukaan), accountability (akuntabilitas), responsibility (tanggung jawab), independency (kemandirian), dan fairness (kewajaran dan kesetaraan)

Riset ini dilakukan sejak Januari hingga Juni 2018 kepada perusahaan-perusahaan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Keyword dalam penelitian ini sebanyak 25.103 dengan total pemberitaan sebanyak 60.231.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Emtek Grup dan SCM raih penghargaan perusahaan terbaik dari Anugerah Perusahaan Terbuka Indonesia dan Indonesia Finance Award 2018.