4 Tanda Anda Sudah Putus Asa di Tempat Kerja

Liputan6.com, Jakarta – Pernahkah Anda merasa buntu, frustrasi, atau tidak punya energi untuk bekerja? Kondisi demikian sering juga disebut sebagai burnout. Ini bisa terjadi karena banyak faktor seperti lembur, beban kerja berlebih, lingkungan kerja yang tidak menyenangkan, dan sebagainya.

Ketika Anda mengalami burnout, kinerja pun akan terpengaruh. Bahkan tak hanya performa kerja, kesehatan mental Anda pun bisa menurun.

Namun, tidak semua orang sadar saat dirinya tengah mengalami kondisi tersebut. Mengutip Lifehack, ini 4 tanda Anda mengalami burnout di tempat kerja dan cara mengatasinya.

1. Performa kerja yang buruk dan hilangnya kepercayaan diri

Turunnya kinerja dan kepercayaan diri Anda dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang biasanya dikerjakan merupakan tanda dari burnout

Anda merasa tuntutan pekerjaan menjadi begitu berat dan menyulitkan. Bahkan, ini bisa menjadi efek spiral saat kinerja terus menurun dan membuat Anda semakin hilang percaya diri dan putus asa. 

Untuk mengatasi ini, coba ingat kembali apa yang memotivasi Anda saat pertama kali bekerja atau yang membuat Anda sukses menyelesaikan suatu proyek. Pastikan juga Anda tidur yang cukup sebelum berangkat kerja.