Ingin Pensiun di Usia 35 Tahun? Ini Caranya

Jangka waktu untuk meraup untung dari investasi cukup beragam tergantung instrumennya. Pastikan Anda memilih jangka waktu investasi yang jangka panjang untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pun demikian, Anda juga bisa memilih untuk investasi jangka pendek atau menengah sesuai dengan kebutuhan di beberapa instrumen investasi tertentu.

5. Ketahui Tujuan Anda dan Cintai

Kegiatan finansial yang Anda lakukan akan membawa dampak positif bagi kehidupan Anda, asal Anda melakukannya dengan disiplin, konsisten, dan dedikatif. Sama seperti aspek kehidupan yang lainnya, ketika Anda sepenuh hati dalam melakukan sesuatu, maka hasilnya pun akan baik.

Oleh karena itu, kiranya sudah menjadi kewajiban Anda untuk memastikan perihal tujuan Anda untuk melakukan kegiatan finansial seperti investasi ini. Setelah tujuan sudah dimiliki, tinggal bagaimana Anda berusaha untuk ‘mencintai’ kegiatan ini sehingga tak ada kata ‘setengah hati’ guna mencapai target yang diinginkan.

Pensiun Dini? Siapa Takut!

Perlu ditekankan, kelima poin di atas merupakan strategi, bukan jalan pintas yang mudah dan cepat untuk dilakukan. Semuanya juga membutuhkan proses untuk bisa memberikan hasil terbaik. Kembali lagi kepada diri Anda, sudah siapkah untuk bisa menjadi investor yang sukses dan menikmati pensiun di usia muda?