5 Hal yang Harus dan Tidak Perlu Dihemat, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta – Terkadang, banyak sekali kontradiksi di dalam kepala kita jika sudah memikirkan banyak hal yang ingin dimiliki. Ingin berhemat tapi disisi lain juga ingin memenuhi hasrat untuk membeli. Apalagi jika masih belum bisa membedakan pengeluaran mana yang harus diperketat atau sebaliknya.

Misalnya, disaat kita ingin membeli smartphone terbaru, pernahkah kita mempertimbangkan apakah kita sangat membutuhkannya? Atau disaat kita ingin membeli sebuah buku, pernah terlintas di pikiran bahwa tidak ada salahnya untuk membelinya?

Nah Sobat, di artikel kali ini akan membahas tentang hal-hal apa saja yang harus kamu hemat dan hal-hal apa saja yang tidak harus dihemat. Apa aja sih? Yuk simak ulasan berikut, seperti dikutip dari TunaiKita:

Hal-hal yang Tidak Perlu Dihemat

Yang harus diingat, menggunakan uang untuk sesuatu yang bermanfaat akan menghasilkan output yang bermanfaat pula untuk diri kita.

Daripada menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak terlalu penting dan jelas kegunaannya, ada baiknya kamu mengalokasikan uang milikmu ke hal-hal berikut ini:

1. Pendidikan

Pendidikan merupakan hal pertama yang masuk dalam kategori pengeluaran yang tidak perlu dihemat. Pendidikan yang dimaksud tidak melulu mengenai jenjang kuliah. Bisa dalam bentuk lain seperti kursus bahasa asing, kursus musik, masak, dan lain sebagainya.

Memaksimalkan edukasi sudah seharusnya dijadikan prioritas utama. Mengeluarkan uang untuk mempelajari hal baru tidak akan pernah rugi, lo. Ilmu yang sudah didapatkan bisa diterapkan dan diaplikasikan seumur hidup, Sobat.