Top 3: Respons Dirut CMNP Soal Sandiaga Uno Ingin Gratiskan Tarif Tol

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden (Cawapres) Sandiaga Uno berjanji bakal menggratiskan jalan tol yang sudah lama dibangun jika ia terpilih.

Menurut dia, hal tersebut bisa dilakukan jika operator jalan tol sudah mendapatkan untung atau balik modal dari biaya pembangunan. Sandiaga melanjutkan, tol yang bisa digratiskan yang berusia di atas 30 tahun.

Janji Sandiaga Uno ini pun menuai respons dari Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) Tito Sulistio. Dikatakan jika hal itu sulit direalisasikan jika proyek pembangunan tol melibatkan pihak swasta.

Artikel soal respon penggratisan tarif tol ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Simak rangkuman 3 berita paling dicari, Selasa (6/11/2018):

1. Sandiaga Uno ingin Gratiskan Tarif Tol, Ini Respons Dirut CMNP

Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) Tito Sulistio merespons pernyataan Sandiago Uno terkait penggratisan tarif tol jika dirinya terpilih sebagai wakil presiden (wapres) RI.

Tito menyebutkan, hal itu sulit direalisasikan jika proyek pembangunan tol melibatkan pihak swasta.

“Prinsipnya, jalan tol bisa dibangun dengan dua cara, yakni pemerintah dengan APBN, APBN itu entah dari utang atau dari mana atau bisa saja swasta,” tuturnya saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (05/11/2018).

Berita selengkapnya

2. Awal Pekan, Rupiah Lanjutkan Penguatan

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan di awal pekan ini. mata uang rupiah akan bergerak di kisaran 14.935 per dolar AS hingga 14.965 per dolar AS.

Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.972 per dolar AS pada Senin (5/11/2018) ini. Angka Patokan ini menguat jika dibandingkan dengan patokan pada Jumat lalu yang ada di angka 15.089 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan Bloomberg, rupiah dibuka di angka 14.976 per dolar AS, melemah sedikit jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.955 per dolar AS.

Berita selengkapnya

3. Usai Diperiksa Kemenhub, 10 Pesawat Boeing 737 Lion Air Kembali Beroperasi

Maskapai penerbangan Lion Air memastikan 10 pesawat Boeing 737 Max 8 milik perusahaan telah dapat beroperasi melayani penumpang. Ini setelah pesawat tersebut lulus ramp check yang diinisiasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) usai insiden jatuhnya pesawat Lion Air di Tanjung Karawang.

Presiden Direktur Lion Air Edward Sirait mengatakan, operasional penerbangan Lion Air kini telah mulai berjalan normal. “Ya normal saja ya berjalan. Kita ikuti ramp check-nya dan itu berjalan. Kita tunggu saja hasilnya,” ucap dia kepada awak media di Hotel Ibis, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Berita selengkapnya