Batavia Madrigal Singers jadi paduan suara Indonesia pertama di ICFM

Jakarta (ANTARA) – Batavia Madrigal Singers (BMS) akan jadi paduan suara Indonesia pertama yang diundang sebagai peserta dalam acara International Choral Festival of Missoula (ICFM) 2019 yang berlangsung pada 17-20 Juli di Missoula, Amerika Serikat.

ICFM dikenal sebagai festival yang prestisius dan bergengsi. Tahun ini, ajang tersebut pun diikuti oleh paduan suara dari Jerman, China, Finlandia, Hungaria, Lithuania dan Amerika Serikat.

“Sebuah kehormatan bagi saya dan BMS untuk dapat diundang dan hadir dalam festival paduan suara bergengsi. Tentunya ini akan menjadi kesempatan dalam membawa citra budaya Indonesia di ajang internasional sekaligus mengembangkan kapasitas paduan suara Indonesia,” ujar pimpinan BMS Avip Priatna dalam konser pra-festival “BMS Road to Missoula” di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Minggu.

Dalam ajang internasional itu, BMS akan mengenalkan keberagaman budaya Indonesia dengan membawakan lagu daerah seperti “Sik-Sik Sibatumanikam” dari Sumatera Utara, “Hela Rotan” dari Maluku dan “Janger” dari Bali.

“Program dalam konser nanti, kita ingin menampilkan yang keberagaman jadi enggak cuma lagu klasik, ada lagu Indonesia dan daerah, dan ada komposisi baru supaya mereka bisa lihat kalau kita bisa membuat komposisi,” kata Avip.

“Biar mereka bisa lihat kalau kita enggak cuma bisa bawain lagu daerah aja tapi juga bisa bawain lagu klasik yang jadi standarnya,” lanjutnya.

Pada konser pra-festival “BMS Road to Missoula” hari ini, BMS menampilkan cuplikan lagu yang akan mereka bawakan nanti yakni “Sik-Sik Sibatumanikam”, “Hela Rotan”, “Janger”, “Fajar dan Senja II”, “Canticum Novum”, “Das Madchen”, “O Magnum Mysterium”, “Circle of Life” dan “I Love You – What a Wonderful World”.

BMS akan memberangkatkan 40 personelnya yang terdiri dari 20 perempuan dan 20 laki-laki, masing-masing 10 orang untuk suara sopran, alto, tenor dan bass.

“Keberangkatan insya Allah udah siap, anak-anak juga udah semangat banget pengin ke sana,” kata Avip.

BMS telah menjadi barometer bagi banyak paduan suara Tanah Air dan memenangi beragam kompetisi tingkat dunia yang prestisius di antaranya adalah juara pertama dan juara umum di 48th Tolosa Choral Contest (Spanyol), 36th International May Choir Competition (Bulgaria) dan 57 Certamen Internacional De Habaneras Y Polifonia (Spanyol).

Tahun ini, BMS meraih juara pertama kategori Mixed Choir, Audience Award dan Best Staging Award pada acara International Florilege Vocal de Tours di Prancis.

Baca juga: Paduan Suara BMS menuai prestasi di forum Internasional
 

Belajar toleransi dari kelompok paduan suara

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019