BTS grup idola terpopuler kalahkan NU’EST dan EXO

Jakarta (ANTARA) – Institut penelitian bisnis Korea atau The Korean Business Research Institute mengumumkan grup vokal BTS berada peringkat teratas dalam daftar reputasi grup idola K-pop di Negeri Ginseng edisi Mei 2019.

Seperti dilansir Soompi pada Sabtu (11/5), BTS menduduki peringkat teratas selama 12 bulan berturut-turut. Mereka mencetak indeks reputasi merek 24.925.833 untuk Mei, atau mengalami peningkatan 54,50 persen dari bulan sebelumnya.

Kata kunci yang paling banyak ditemukan berhubungan dengan BTS antara lain: “Billboard,” “YouTube,” dan “Jimin”. Sedangkan istilah terkait dengan peringkat tertinggi mereka termasuk “cool”, “happy” dan “shining”.

Analisis positif-negatif BTS mencatatkan skor reaksi positif 98,75 persen, yang juga merupakan peningkatan dari bulan lalu.

Sementara, grugrup vokal NU’EST berada di posisi kedua dengan indeks reputasi merek 4.772.695. Angka itu turun 6,85 persen dibandingkan bulan sebelumnya meski menjadi peringkat tertinggi yang telah dicapai grup itu.

Di tempat ketiga ada EXO, yang memperoleh indeks reputasi merek 3.564.879 atau turun 42,93 persen dibandingkan statistik bulan-bulan sebelumnya.

Peringkat reputasi ditentukan setiap bulan melalui analisis big data, partisipasi konsumen, liputan media, interaksi, dan indeks komunitas berbagai boy group.

Data untuk peringkat Mei itu dikumpulkan sejak 9 April hingga 10 Mei 2019.

Baca juga: BTS jadi Top Social Artist Billboard Music Awards lagi

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019