BTS satu-satunya artis Korsel dengan penghasilan tertinggi di dunia

Jakarta (ANTARA) – Bangtan Boys atau BTS menjadi satu-satunya pesohor Korea Selatan yang masuk dalam jajaran 100 artis dengan penghasilan tertinggi versi Forbes pada urutan ke-43.

Forbes melaporkan bahwa BTS memperoleh pendapatan sebesar 57 juta dolar atau sekira Rp802 miliar sebelum pajak. Penghasilan tersebut diperoleh dari tur dunia “Love Yourself” dan tur tambahan “Love Yourself: Speak Yourself”, demikian dilansir Soompi, Kamis.

Selain itu, Forbes juga menyebut bahwa penghasilan BTS juga diperoleh dari hasil film, penjualan musik dan sebagai penganjur (endorsement).

Data di atas merupakan perkiraan penghasilan sebelum pajak terhitung 1 Juni 2018 hingga 1 Juni 2019. Jumlah tersebut sebelum dikurangi untuk biaya manajer, pengacara dan agensi.

Forbes menyatakan bahwa angka-angka itu didasarkan dari Nielsen Music, Pollstar, IMDB, NPD BookScan, dan ComScore. Ada juga wawancara dengan para pakar industri dan beberapa bintang itu sendiri.

Sementara itu, peringkat satu artis berpenghasilan tertinggi diduduki oleh Taylor Swift dengan 185 juta dolar atau sekira Rp2,6 triliun.

Di urutan kedua ditempati Kylie Jenner dengan pendapatan 170 juta dolar atau Rp2,4 triliun dan posisi ketiga diamankan oleh Kanye West dengan 140 juta dolar atau Rp1,9 triliun.

Baca juga: Taylor Swift dinobatkan sebagai artis dengan penghasilan tertinggi
 

Presiden gelar ratas percepatan pembangunan Jawa Timur

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019