Daryl Dragon dari duo Captain and Tennille tutup usia

Jakarta (ANTARA News) – Penyanyi dan pianis Daryl Dragon, dikenal sebagai “The Captain” dari duo soft rock Captain and Tennille pada 1970-an, tutup usia pada umur 76 tahun, kata publisisnya, Rabu (2/1).

Dikutip Reuters, Dragon meninggal akibat gagal ginjal di Prescott, Arizona, Rabu, berdasarkan keterangan resmi publisis Harlan Boll.

Captain and Tennille dikenal lewat lagu “Love Will Keep Us Together” yang menang Grammy pada 1974, juga “Muskrat Love” pada 1976, dan “Do That to Me One More Time” pada 1980.

Mereka juga membintangi serial televisi sendiri pada 1976-1977.

Toni Tennille, yang menikahi Dragon pada 1975, mendampinginya ketika sang suami menghembuskan nafas terakhir.

“Dia adalah musisi brilian dengan banyak teman yang menyayanginya. Saya berada dalam fase paling kreatif saat bersamanya,” kata Tennille dalam keterangan resmi.

Mereka bercerai pada 2014, tapi tetap menjalin hubungan baik.

Dalam blog yang ditulis pada 2010, Tennille mengatakan Dragon menderita kondisi neurologis yang membuat tangannya bergetar, mempengaruhi kemampuannya bermain keyboard.

Dragon mengatakan pada 2017 masalah itu adalah akibat dari pengobatan dan kondisinya sudah membaik.

Dragon adalah pianis yang terlatih memainkan musik klasik, tapi dia lebih memilih bermain lagu blues dan boogie ketimbang Bach dan Beethoven. Dia bermain dengan Fats Domino dan B.B. King, juga jadi pemain keyboard cadangan untuk Beach Boys pada pertengahan 1960-an dan awal 1970-an.

Dia mendapatkan nama panggung “The Captain” saat bersama Beach Boys, berkat kebiasannya mengenakan topi kapten kapal saat tampil.

Dia bertemu Tennille ketika mereka berdua tur untuk Beach Boys, dan mereka mulai tampil bersama. Keduanya membuat rekaman “Love Will Keep Us Together” pada 1974, yang menduduki peringkat puncak di chart selama delapan pekan pada musim panas 1975. Captain dan Tennille juga tur ke Inggris, Australia dan Jepang.

Pada 1976, mereka menyanyi di Gedung Putih dalam perayaan dua abad Revolusi Amerika.

Penerjemah: Nanien Yuniar
COPYRIGHT © ANTARA 2019