Lady Gaga dituduh curi melodi “Shallow”

Jakarta (ANTARA) – Lady Gaga diancam dengan gugatan jutaan dolar oleh penulis lagu tak dikenal, yang mengklaim pemenang Grammy itu mencuri melodi “Shallow” dari salah satu lagunya.

Penulis lagu Steve Ronsen berpendapat lagunya “Almost” menampilkan tiga not yang sama –G, A, B– dan telah diunggah ke SoundCloud enam tahun sebelumnya “Shallow” dirilis.

Menanggapi itu, pengacara Lady Gaga, Orin Snyder, mengatakan, “Mr. Ronsen dan pengacaranya berusaha mendapatkan uang dengan mudah dari seorang artis yang sukses.”

“Itu memalukan dan salah,” ujarnya, seperti dilansir Independent, Jumat (9/8).

Snyder lantas memuji Lady Gaga karena memiliki keberanian dan integritas untuk berdiri atas nama artis-artis sukses yang mendapat tuduhan semacam itu.

Namun pengacara Steven Ronsen mengatakan kepada Page Six, dalam upaya menyelesaikan masalah itu secara damai, mereka telah memberi tim hukum Lady Gaga laporan resmi dari seorang ahli musik dan profesor terkenal yang menegaskan ada kesamaan tempo, melodi, ritmik, dan harmoni antara dua lagu yang dipermasalahkan.

“Shallow”, lagu tema untuk film “A Star Is Born” yang dirilis pada 2018, membawa Lady Gaga menerima Oscar untuk kategori Best Original Song.

Baca juga: Terlibat plagiat, pihak Katy Perry dihukum ganti rugi Rp39,8 miliar

Tunggangan Lady Gaga Menuju Ama 2013

Penerjemah: Heppy Ratna Sari
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019