Produser potong pidato kemenangan Drake di Grammy 2019

Jakarta (ANTARA News) – Rapper Drake memenangkan penghargaan Grammy 2019 untuk kategori lagu rap terbaik melalui lagu “God’s Plan”.

Namun, pidato kemenangan Drake yang bernada kritik di panggung Grammy itu dipotong iklan komersial oleh produser acara.

Drake awalnya menyampaikan rasa terkejutnya atas kemenangan di ajang itu, namun arah pembicaraannya mulai menyinggung kiprah musik rap di ajang Grammy.

“Aku benar-benar tidak berpikir memenangkan apa pun,” kata Drake, Minggu (10/2) kemudian membahas para seniman muda dan rekan sesama musisi “yang membuat musik dari hati, yang melakukan hal-hal murni dan mengatakan yang sebenarnya.”

“Aku ingin memberi tahu kalian bahwa kami bermain dalam ranah opini. Bukan berbasis fakta. Jadi tidak seperti NBA yang pada akhir tahun, Anda memegang trofi karena membuat keputusan yang tepat atau memenangkan laga,” katanya.

Dia melanjutkan, “Tapi lihat, intinya adalah, Anda menang jika memiliki orang-orang yang menyanyikan lagu Anda kata demi kata, juga ketika Anda seorang pahlawan di kota kelahiran Anda. Tapi lihat, jika ada orang berpenghasilan tetap keluar di tengah hujan dan salju, menghabiskan uang hasil untuk membeli tiket pertunjukanmu?… Anda tidak membutuhkan hal ini di sana, saya berjanji kepada Anda.”

Sebelum Drake mengakhiri pidato bernada kritik itu, produser langsung memotongnya.

Terdengar Drake mengucapkan “tapi…” kemudian tayangan Grammy dipotong menjadi iklan untuk pemirsa di rumah.

Ternyata, siaran itu juga dipotong di ruang media Staples Center, Los Angeles.

Baca juga: Bukan hanya Ariana Grande, ini alasan sejumlah musisi top tak hadiri Grammy

Produser pertunjukan Grammy, Ken Ehrlich, seperti dilansir Hollywood Reporter, mengakui bahwa Grammy “punya masalah dengan dunia hip-hop”. Ajang itu dituduh mengasingkan artis hip-hop dengan menominasikan mereka dalam kategori utama tetapi jarang memberi mereka penghargaan. 

Sebelumnya, Drake menjadi nomine sebanyak tujuh kali tahun ini dengan total tiga kemenangan Grammy dan 42 nominasi secara keseluruhan. 

Namun, seperti Ariana Grande dan sejumlah penyanyi lainnya, dia menolak tampil dalam perhelatan yang berlangsung di Los Angeles, Minggu (10/2) itu. 

Selain Drake, Grammy juga menganugerahkan penghargaan kepada Childish Gambino (alias Donald Glover) dan Ariana Grande dengan Grammy, meskipun mereka menolak untuk tampil atau hadir.  Kendati demikian, Michelle Obama menyempatkan diri hadir di sana, bersama Lady Gaga dan sederet penyanyi lainnya.

Baca juga: Borong tiga piala Grammy, Lady Gaga ajak seniman peduli kesehatan mental

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
COPYRIGHT © ANTARA 2019